Balitbanghub Kunjungi Maluku Bahas Kerjasama Dengan Unpatti serta Mengunjungi Ambon New Port

bptdmaluku.com – Badan Penelitian dan Pembangunan Kementerian Perhubungan, melakukan kunjungan sekaligus diskusi bersama dengan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon serta Mengunjungi Loksi Pembangunan Ambon New Port di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Jumat 18 Juni 2021

Dalam pertemuan itu, Rektor Unpatti, di dampingi Para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga dan para Kepala Biro di lingkup Unpatti Ambon. Hadir juga Dekan Teknik Unpatti dan Kepala Pusat Studi Transportasi Kepulauan Unpatti.

Sedangkan dari Kementerian Perhubungan, dihadiri Kepala Pusat Litbang LSDP, Kabid Perencanaan dan Evaluasi Puslitbang LSDP, Kabid Pengembangan Teknologi dan Penunjang Penelitian Puslitbang LSDP, Juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Dan Kasubag Tata Usaha  BPTD Wilayah XXIII Provinsi Maluku.

Kepala Pusat Litbang Laut, Sungai, Danau, dan Penyebrangan (LSDP), Ir. Gunung Hutepea, MM, mengatakan, Pada prinsipnya Badan Litbang Kementerian Perhubungan melakukan kerjasama penelitian dengan berbagai Universitas di Indonesia, termasuk Universitas Pattimura.

“Kajian tentang wilayah Ambon misalnya konektivitas sesuai dengan perhubungan, ada safety dan services yang dihubungkan dengan pariwisata. Kemudian sekarang ada kajian tentang galangan kapal dalam mendukung sektor transportasi laut Indonesia. itu dikerjakan oleh Unpatti dan itu bentuk nyata dari kerjasama kita,” ujar Hutepea.

Sementara itu Rektor Unpatti, Prof. M.J Saptenno, SH.,M.Hum, mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas kunjungan dari Badan Litbang Kementrian Perhubungan. Menurutnya lewat kunjungan tersebut  Umpatti bisa berbagai informasi maupun masalah terkait dengan perhubungan di Maluku yang tentunya butuh kajian secara bersama antara Universitas Pattimura dengan Kementerian Perhubungan.

Ini penting, karena kedepan ada proyek-proyek Nasional besar yang akan datang di Maluku. Misalnya Lumbung Ikan Nasional (LIN), Ambon New Port dan juga Blok Masela. Sudah tentu semuanya membutuhkan infrastruktur pendukung perhubungan yang baik,” ucap Rektor

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Dr. Mohammad Malawat, ST, MT, juga mengatakan, dirinya siap untuk menjembatani, mendukung, dan membantu apa yang di lakukan oleh kementrian pusat.

“Sehingga kemajuan yang berarti bisa dirasakan oleh masyarakat di provinsi Maluku. Karena amanat bapak Presiden itu bahwa semua harus deliver. Artinya sampai pada masyarakat. Itu yang kami upayakan,” jelasnya

Selanjutnya Rombongan  Melanjutkan Agenda Perjalanan untuk Melakukan Peninjauan Ke Ambon New Port di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah

 

 

Mari Berbagi Berita Ke Sosial Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •