Puslitbang LSDP Kemenhub Jalin Kerjasama dengan Pusat Studi Transportasi Kepulauan LPPM Unpatti

bptdmaluku.com – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyebrangan (LSDP) Kementrian Perhubungan Republik Indonesia melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) dengan Pusat Studi Transportasi Kepulauan Lembaga Penelitian dan Pengembagan Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura, dalam rangka Studi Kesiapan Galangan Kapal dalam mendukung sektor transportasi laut. Jumat 21 Mei 2021.

Kepala Puslitbang transpirtasi laut, sungai, danau, dan penyeberangan, Ir. Gunung Hutepea, MM. mengatakan, kerja sama antara Unpatti dengan PusLitbang Kemenhub ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang di sampaikan oleh Pak Mentri Perhubungan bersama Rektor Universitas pattimura.

Bertempat di Ruang Seminar Gedung LPPM Universitas Pattimura Turut Hadir dalam acara Tersebut Kepala Balai Pengelola Transporasi Darat (BPTD) Wilayah XXIII Provinsi Maluku Suhendro Wagiono, ST., MMTr bersama Kepala KSOP Kelas 1 Ambon Ir. Andi Fiardi, MT., Distrik Navigasi Kelas 1 Ambon, Serta Dinas Perhubungan Provinsi Maluku.

Kepala Pusat Studi Kepulauan Unpatti, Prof. Dr. Ir. Marcus Tuken, mengatakan, galangan kapal merupakan instruktur penunjang dalam dunia transportasi. Karena itu Pusat Studi Transportasi Kepulauan Lembaga Penelitian dan Pengembagan Masyarakat perlu melakukan pengkajian.

“Dimana perbaikan kapal dan pemeliharaan itu adalah urutan regulasi. Bahwa semua kapal yang secara berkala melakukan perawatan, kalau tidak maka tidak akan bisa di keluarkan izin layar,” ujarnya

Selain itu, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembagan Masyarakat Universitas Pattimura (Unpatti), Prof. Dr. Dominggus Malle, M.Sc mengatakan, Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini hadir untuk menfasilitasi tindak kesepakatan bersama antara kementerian perhubungan dengan Unpatti.

“Harapan kami kajian ini lebih bermuara nantinya pada kebijakan terhadap pengembangan galangan Kapal,” ujar Dominggus.

Mari Berbagi Berita Ke Sosial Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •